728x90 AdSpace

Instal Mac OS di PC Biasa

Bagi sobat yang bosan dengan windows bisa mencoba alternatif instlasi os ini. dan ternyata instalasi dan penggunaanya tidak serumit yang dibayangkan. setelah utak utik dan mencoba selama berhari-hari akhirnya berhasil juga. setelah berhasil instal saya ingin berbagi pengalaman instalasi os ini. oke kalau bgtu kita mulai saja langkah2 dan persipan sebelum memulai instalasinya. pertama pastinya persiapkan DVD  macnya.. ada bermacam-macam seri yang bisa diinstal di pc ini ada yang khusus buat prosesor intel saja dan ada pula yang universal untuk semua prosesor baik AMD ataupun Intel. ex: leopard kalway, leo4all, Iatkos, dll instalasi yang saya coba pada waktu ini adalah kalway 10.5.1. operating system ini membutuhkan minimun spesifikasi dengan memory minimal 512mb untuk dan untuk kompatibilitas hardware sebaiknya cek di wiki.osx86project.org Setelah cocok dan siap kompatibilitasnya langsung saja ke step berikutnya..

Buat Partisi dan Actifkan partisi
setelah kita dapat DVDnya sebaiknya kita cek partisi kita, ini kita lakukan apabila kita menginginkan instalasi dual OS dalam satu hardisk kita. create partisi partisi untuk OS mac nya sediakan partisi minimal 10-20GB kenapa begitu?ya karena cukup besar yang akan kita instalkan ini. setelah partisi siap
ikuti langkah-langkah ini jika menggunakan windows XP bila menggunakan hardisk tersendiri abaikan cara ini: Menggunakan “diskpart”
Perintah diskpat  (masuk ke command prompt dengan ketik cmd pada run)

ketik:
diskpart (Enter)

select disk 0 (enter) >> nilai 0 diasumsikan bahwa hardisk yang dipakai adalah Hardisk pertama sesuaikan dengan hardisk yang akan dipakai bila lebih dari 1 hardisk drive.
Select partition 4 (enter) >> nilai 4 mengasumsikan partisi yang akan di set active atau lihat list partition dahulu sebelum menselect partition.
list partition (enter) >>untuk melihat daftar partisi yang ada sebaiknya sek dahulu dengan ini apakah partisi sudah active dan cek di mana partisi tersebut active.
Set active keluar dan partisi mac sudah aktif
cek partisi active dengan klik start -> setelah itu klik kanan my computer ->manage
Instalasi Mac OS X86
1.  Masukan DVD installasi Leoprad kalyway 10.5.1. lalu ketik –v Gunanya untuk mengetahui error yang mungkin terjadi atau langsung abaikan dan enter saja
2. Langkah selanjutnya dan telah masuk pada GUI dari mac “next” saja seperti gambar berikut..
3. selanjutnya pilih “Disk Utility”. Sebelum kita memulai instalasi, kita perlu mem-format hard disk (HD) kita, jadi pilih “Utilities > Disk Utility” di menu bar.
4.Temukan HD yang ingin anda instal, pilih dan kemudian di tab “Partition” partisi yang telah kita buat sebelumnya”, berikan nama apapun yang anda mau tapi ingat tanpa tanda spasi (ex: MacOSX86 atau Leopard) dan pilih format “Mac OS Extended (Journaled)”. selanjutnya “erase” setelah itu keluar dari disk utility dan lanjutkan instalasi..
5.Pilih customize pada bagian ini. dan pakai partisi yang telah kita buat tadi.
6. Pada langkah ini kita akan sedikit mencoba trial and error untuk hasil terbaik jika ada kegagalan sesudah instalasi ini. tetapi yang wajib di centang yaitu “BOOT_efi_mbr”. setelah itu bila menggunakan prosesor core base pilih vanilla_kernel_ACPIPlatform. Jangan pilih ini jika tidak menggunakan prosesor core base. Pilih SSE2_system bila prosesor tidak support SSE3 (bisa dilihat menggunkan software CPU-Z). untuk video_driver sesuaikan dengan VGA jika memakai vga dengan chipset intel jangan centang apa-apa. Untuk sound dan network sesuaikan dengan hardware .
Sound dan network bisa diabaikan terlebih dahulu dan diinstall jika telah berhasil atoau instal setelah selesai dan mencari patch atau driver.
7.nah selanjutnya ini merupakan proses instalasi. dalam instalasi ini membutuhkan waktu yang cukup lama kira-kira 30 nmenit kita bisa istirahat sejenak sambil menunggu proses instalasi selesai..
8. setelah instalasi selesai restat sari instalasi dan tnggu sampai masuk ke operating systemnya
setelah instalasi selesai kita akan mengisi form account inskan saja setelah selesai akan masuk ke GUI mac os x86
Selamat mencoba.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Instal Mac OS di PC Biasa Rating: 5 Reviewed By: Putri Kecil
Scroll to Top